Panduan Investasi Saham untuk Seorang Pemula

Berinvestasi di usia muda adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan kesuksesan di masa tua. Jangan menunggu tua untuk sukses, lakukan sedini mungkin jika Anda ingin menuai kesuksesan di usia muda. Ada begitu banyak jenis investasi yang bisa Anda lakukan, seperti investasi jasa, property, barang, dan juga invetasi saham.

Yang merupakan jenis investasi yang paling banyak diminati oleh anak muda saat ini, sebab melakukan investasi saham tidak mengharuskan Anda untuk memiliki dana yang besar untuk terjun dalam dunia saham. Hanya dengan modal yang kecil saja, maka Anda sudah bisa terjun dalam dunia saham. Sudah ada begitu banyak aplikasi atau saham-saham dari perusahaan yang dijual dengan harga rendah.

Sehingga ketika momen saham sedang turun maka pada saat itulah waktu paling tepat untuk Anda membeli saham pada perusahaan-perusahaan ternama. Anda harus memilih saham yang tepat dengan nilai yang akan memberikan keuntungan kepada Anda. Sebagai seorang pemula pastinya Anda belum paham betul langkah dan cara memilih saham maka sebaiknya Anda membaca artikel berikut mengenai panduan investasi saham.

Panduan Investasi Saham untuk Pemula

saham

Pasar saham merupakan sebuah tempat investasi dengan peluang keuntungan menghasilkan uang paling tinggi. Oleh karenanya bacalah panduan berikut ini agar Anda paham bagaimana cara memasang saham agar Anda juga bisa memperoleh hasil dari dunia persahaman.

Investasikan Waktu Kemudian Uang

Dalam dunia investasi, Anda bisa memulai dengan menginvestasikan waktu terlebih dahulu kemudian menginvestasian uang. Maksudnya adalah Anda harus mempelajari dasar-dasar dari investasi khususnya investasi jenis saham. Sebab ada begitu banyak istilah-istilah saham yang sering kali dapat membuat seorang pemula menjadi kebingungan. Sehingga agar Anda tidak merasa bingung ketika terjun dalam dunia saham maka Anda sebaiknya mempelajarinya terlebih dahulu.

Baca Juga  7 Jenis Tabungan di Indonesia

Mulailah Dari Jumlah Kecil

Panduan investasi saham selanjutnya adalah Anda harus memulai penanaman modal dalam jumlah yang kecil. Meskipun Anda memilii dana yang besar, tetapi Anda jangan gegabah dan langsung melakukan penanaman modal yang besar. Mulailah dari jumlah yang kecil, agar ketika Anda salah dalam pengelolaan maka Anda tidak akan merasakan kerugian yang terlalu besar.

Mulailah dari modal yang kecil, misalkan perusahaan tersebut minimal deposit 100 ribu maka Anda bisa melakukan deposit 100 ribu saja dan melihat perkembangan saham yang Anda miliki.

Amati Situasi Ekonomi

Dalam dunia saham, Anda harus selalu mengamati perekonomian yang ada di Indonesia. Sebab perubahan nilai saham dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang terjadi, bila kondisi ekonomi sedang menurun maka harga saham juga ikut merosot sehingga Anda harus terus memperhatikan kondisi perkembangan ekonomi. Jika harga sedang rendah maka tanamkan modal namun jika perekonomian sedang membaik maka lakukan penjualan.

Selain itu Anda juga mesti memperhatikan kondisi politik yang terjadi karena politik juga sangat mampu untuk mempropoganda jadinya penjualan sejumlah saham atau tidak.

panduan investasi saham

Pilih Saham Big Caps

Pilihlah sebuah saham dengan kapitalisasi pasar dengan nilai yang tinggi sehingga harga saham Anda tidak mudah untuk dimanipulasi oleh investor ataupun oleh pemodal yang memiliki modal besar. Kapitalisasi dari saham-saham tersebut sangatlah besar, dapat mencapai hingga angka 40 triliun rupiah.

Beberapa rekomendasi saham dengan kapitalisasi pasar lebih dari 100 triliun adalah BBCA, BBRI, TLKM, UNVR, BMRI, ASII, dan masih banyak lagi jenis saham yang memiliki nilai kapitalisasi yang tinggi.
Itulah panduan investasi saham atau hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih saham bagi Anda yang seorang pemula.

Baca Juga  Keuntungan Mengikuti Investasi Saham

Comments

comments

About admin

Check Also

waktu untuk membeli emas yang tepat

Inilah Waktu yang Tepat Beli Emas, Sebaiknya Jangan Ditunda

Berbicara tentang emas, pasti akan selalu berhubungan dengan perhiasan yang dapat menunjang penampilan terutama pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *