Panduan Bisnis Ikan Lele Terbaik Untuk Pemula

0

Bisnis ikan lele merupakan sebuah bisnis yang bisa dilakukan oleh pebisnis pemula maupun berpengalaman dengan keuntungan yang menjanjikan. Bisnis ini bisa dilakukan dengan mudah, tanpa memerlukan modal banyak dan langsung di praktekan dari rumah langsung.
Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara memulai bisnis ini, berikut merupakan panduan bisnis ikan lele yang bisa Anda lakukan seperti di bawah ini.

Panduan Bisnis Ikan Lele Bagi Pemula Anti Gagal

berbisnis ikan lele

Gunakan Kolam Terpal

Untuk memulai bisnis ikan lele, Anda tidak perlu harus membuat kolam semen terlebih dahulu. Tetapi, bisa menggunakan kolam terpal yang lebih mudah dibuat dan mudah dalam perawatan ikan, sehingga ikan lele menjadi lebih bersih karena tidak langsung terkontaminasi dengan tanah. Dalam hal penggunaannya, kolam terpal lebih hemat digunakan dan mampu mengatur volume air dengan mudah. Jadi, kolam terpal sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memulai bisnis ikan lele untuk pertama kalinya.

Memilih Benih Unggul Dengan Tepat

Panduan bisnis ikan lele kedua adalah memilih benih unggul yang tepat agar bisa membuat bisnis Anda semakin berkembang. Pilihlah ikan lele yang memiliki ukuran tubuh sama rata, berwarna terang, gesit dan agresif karena ciri tersebut menandakan bahwa ikan lele yang akan Anda pelihara memiliki stamina tubuh sehat dan kuat.

Perhatikan Kualitas Air

Perlu Anda ketahui bahwa ikan lele tidak begitu menyukai warna air yang jernih. Sehingga, penting bagi Anda untuk memberikan air yang bagus bagi ikan lele, yaitu air berwarna hijau. Cara untuk membuat air tersebut menjadi hijau adalah dengan memberikan beberapa tanaman air seperti, eceng gondok dan sejenisnya. Tanaman ini bisa membuat kondisi air menjadi sehat karena memakan berbagai racun yang bertebaran di dalam air. Dengan begitu, ikan lele bisa tumbuh dengan baik sampai panen tiba atau air berubah menjadi warna merah.

bisnis ikan lele

Mengukur Ketinggian Air Kolam

Panduan bisnis ikan lele berikutnya adalah memperhatikan ketinggian air di dalam kolam yang Anda miliki. Biasanya, ikan lele memiliki ketinggian air kolam berbeda setiap bulannya seperti pada bulan pertama ketinggiannya adalah sekitar 20 cm, lalu di bulan kedua memiliki ketinggian 40 cm dan di bulan ketiga ketinggiannya bisa mencapai 80 cm. Ketinggian air ini sangat penting diperhatikan karena bisa saja air kolam akan berkurang efek dari penguapan karena di serap oleh sinar matahari.

Baca Juga  Panduan Bisnis Kedai Gelato

Berikan Ikan Lele Pakan Berkualitas Tinggi

Jika Anda ingin membeli pakan ikan lele berkualitas tinggi, Anda bisa memilih untuk menggunakan sentrat ikan atau pelet, kemudian diberikan 3-4 kali dalam sehari. Namun, jika Anda ingin menghemat pengeluaran, pakan untuk ikan lele yang bisa digunakan adalah kroto atau anakan kerangkang, ayam mati dari peternak unggas, ikan kecil sampai cacing sebagai pakan alami.

Proses Memanen Ikan Lele

Panduan bisnis ikan lele terakhir adalah saatnya melakukan panen hasil dari perawatan ikan yang dipelihara. Biasanya, ikan lele yang siap panen merupakan ikan yang sudah berumur sekitar 90 hari. Anda bisa memilih ikan yang cocok untuk dijual dan sisanya digunakan sebagai bibit untuk dibuat bisnis kembali.

Itulah beberapa panduan bisnis ikan lele yang bisa Anda ketahui dan dijadikan sebagai referensi dalam memulai bisnis di bidang perikanan. Jika Anda mampu mengembangkan bisnis dengan baik, maka tidak perlu menunggu lama bisnis Anda bisa meningkat dengan pesat dalam jangka waktu beberapa bulan saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.