Panduan Bisnis Hasil Pertanian Organik

Orang-orang kini semakin memperhatikan apa yang mereka konsumsi dari mulai bahan mentahnya. Tidak hanya perorangan yang kini mencari sayuran yang sehat untuk dikonsumsi melainkan berbagai restoran dan hotel juga kini beranjak ke olahan sehat dengan bahan yang memang sudah terbukti sehat. Kualitas bahan mentah yang diolah menjadi sangat penting untuk diperhatikan mutunya. Orang-orang semakin peduli dengan greenmovement, di mana kesehatan dan kualitas asupan menjadi faktor yang penting.

Hasil dari pertanian organik kini sedang naik daun karena meningkatnya pemahaman banyak orang tentang pentingnya mengkonsumsi sayuran yang sehat dan terbebas dari zat kimia berbahaya. Bisnis hasil pertanian organik kini dilirik oleh banyak orang, baik oleh pengusaha restoran, café, hotel, dan sebagainya pun oleh perorangan yang menginginkan konsumsi hasil pertanian yang sehat. Hasil pertanian organik banyak dihasilkan oleh proses pertanian dengan basis hidroponik karena lebih relevan. Bila Anda tertarik, berikut panduan bisnisnya:

Bisnis Hasil Pertanian Organik

panduan bisnis hasil pertanian organik

Siapkan Lahan

Panduan bisnis hasil pertanian organik yang pertama perlu diketahui oleh Anda yang berminat adalah tersedianya lahan untuk mulai bertani. Memang awalnya bisnis pertanian tampak remeh dan tidak menarik terutama bagi milenial, namun kini sudah banyak milenial yang tergugah dan mulai membuka diri untuk mencoba bisnis pertanian. Anda barangkali salah satu dari mereka yang ingin membuka bisnis pertanian organik yang lebih menjamin kualitas hasil pertaniannya.

Hasil pertanian organik cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pertanian biasa, baik buah maupun sayurnya. Meskipun saat ini yang lebih umum baru sayur-mayur, itupun sayuran dengan usia panen yang relatif pendek sebab perawatan pertanian organik memakan biaya yang cukup besar. Hasil pertanian organik dengan metode pertanian hidroponik banyak diburu oleh konsumen karena diyakini lebih sehat dan lebih segar daripada pertanian konvensional.

Baca Juga  Panduan Bisnis Skin Care yang Sangat Menguntungkan

Untuk menekan modal Anda tidak perlu membeli lahan, tapi dapat menyewa lahan yang ada dan mencari harga yang relatif rendah. Lahan tersebut harus memenuhi standar lahan pertanian organik/hidroponik agar bisnis pertanian Anda lancar. Anda juga perlu menentukan lahan yang akan dikerjakan, jangan terlalu kecil namun jangan pula terlalu besar sebagai awalan. Panduan bisnis hasil pertanian organik ini sangat penting untuk dimengerti agar tidak salah langkah dan hanya membuang modal saja.

Tentukan Komoditi

Selanjutnya panduan bisnis hasil pertanian organik yang perlu dimengerti selain ketersediaannya lahan adalah pilihan komoditi. Pemilihan komoditi akan mempengaruhi bagaimana Anda menanam dan mengatur waktu tanam agar ketersediaan barang tetap terjaga. Misalnya Anda memilih Pakcoy atau Selada Bangkok dimana ia dapat dipanen pada usia 21 hari. Maka setidaknya Anda memerlukan 21 instalasi hidroponik agar Anda dapat memanennya setiap hari. Setiap instalasi diukur luasnya agar dapat memenuhi kebutuhan pasar yang ada.

Membuka Pasar

Anda perlu melakukan promosi disertai edukasi agar calon konsumen Anda mengerti apa saja keunggulan barang yang Anda miliki. Membuka pasar baru dan meningkatkan pemahaman konsumen akan keunggulan produk yang Anda miliki cenderung akan meningkatkan hasil penjualan. Oleh karena itu product knowledge Anda haruslah kuat agar dalam proses menawarkan produk lebih mudah dan dapat dipercaya.

panduan bisnis hasil pertanian

Manajemen yang Bagus

Panduan bisnis hasil pertanian organik selanjutnya adalah pentingnya memperhatikan adanya manajemen yang bagus. Dalam artian tidak bisa pertanian tersebut dijalankan secara asal-asalan, asal panen dan asal terjual. Lebih dari itu bahwa menyediakan hasil pertanian yang sehat demi meningkatnya kesehatan masyarakat merupakan hal yang penting. Oleh karena itu mutu dari produk yang dihasilkan harus terjaga dengan baik. Selain itu manajemen yang sehat juga akan membuat kondisi keuangan bisnis Anda menjadi sehat pula.

Baca Juga  Beginilah Panduan Bisnis Ikan Hias yang Perlu Diketahui

Demikian panduan bisnis hasil pertanian organik di atas yang telah mengupas secara jelas bagaimana memulai bisnis pertanian organik, Anda berminat?

Comments

comments

About admin

Check Also

panduan Bisnis Sistem Informasi

Panduan Bisnis Sistem Informasi

Dewasa ini bisnis berbasis UMKM sedang didorong secara besar-besaran, di mana bisnis UMKM diyakini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *