Inilah Panduan Bisnis Album dan Merch Kpop Terbaik

Sampai saat ini, pecinta Kpop semakin bertambah banyak. Terlebih beberapa market place yang selalu mengadakan acara di tanggal tertentu dan mengundang boyband atau girlband asal Korea Selatan. Tentu saja, dari sini penikmat Kpop menjadi tambah banyak.

Selain itu, tiap tahunnya ada saja boyband atau girlband yang comeback dengan lagu terbarunya. Biasanya, banyak sekali para penggemar yang menunggu comeback ini. Mereka mengikuti Pre Order dari album yang akan dirilis. Biasanya, selain terdapat Cd, dalam album juga terdapat photocard yang menjadi incaran para fans.

Biasanya photocard ini hanya ada satu dan dikirim random. Sehingga, tidak bisa memilih photocard member tertentu. Selain itu, di penghujung tahun seperti ini, setiap boyband dan girlband pun mengeluarkan season greeting. Di mana, isinya sangatlah banyak. Mulai dari kalender, photocard, cd, notebook. dan lain sebagainya.

Nah, sebenarnya hal ini bisa dijadikan bisnis. Terlebih untuk kamu yang suka kpop. Dalam artikel ini ada sedikit panduan dalam bisnis album dan merch Kpop. Sebenarnya, untuk bisa melakukan penjualan album atau merch ini, ada panduan singkat yang bisa dilakukan. Nah, penasaran bagaimana panduannya? Berikut pembahasanya.

Panduan Bisnis Album dan Merch KPOP

panduan Bisnis Album dan Merch Kpop

Tentukan Admin

Sebelum memutuskan untuk melakukan bisnis ini, ada baiknya mencari admin terlebih dahulu. Nantinya, mereka bisa membantu kamu dalam mencari album, melakukan perekapan, melakukan tagihan dan lain sebagainya. Untuk mencari admin yang mau diajak bisnis album dan merch Kpop ini kamu harus pastikan bahwa dia terpercaya.

Sebaiknya memang mencari admin yang sudah akrab. Bisa saudara atau teman dekat yang memang menyukai dunia perkpopan. 2 sampai 3 admin dirasa sangat cocok untuk membangun bisnis ini.

Pembagian Jobdesk

Selanjutnya, untuk bisa memulai bisnis album dan merch Kpop ini ada baiknya membagikan jobdesk terlebih dahulu. Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, ada beberapa pekerjaan yang perlu diselesaikan. Dari mulai cari seller korea, rekap pemasukan dan pengeluaran, tagihan dan lain sebagainya. Di sini, pekerjaan harus dibuat rata agar memang bisa dikerjakan secara bersama-sama.

Mencari Warehouse Korea dan Indonesia

Warehouse Korea

Untuk bisa membeli album atau merch Kpop tentu saja tidak langsung dikirim ke rumah kita. Sebab, biaya yang dikeluarkannya pun pasti akan lebih banyak. Oleh sebab itu, ada baiknya mencari jasa warehouse terlebih dahulu. Saat ini terbilang mudah untuk menemukan jasa tersebut. Sebab, sudah ada berbagai media sosial untuk mencarinya.

Di instagram sendiri kamu bisa menemukan banyak jasa warehouse. Namun sebelumnya pastikan dahulu bahwa jasa tersebut sudah terpercaya. Jangan mudah memilih jasa hanya melihat dari followers-nya saja. Sebab, saat ini followers medsos bisa dengan mudah diperjualbelikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memilih jasa warehouse untuk bisnis album dan merch Kpop adalah testimoni, komentar dan lihat profilnya.

Biasanya, jika memang tidak ada komentar, ada sesuatu hal yang terjadi dengan akun tersebut. Kamu bisa memutuskan untuk melihat berapa kali akunnya mengalami pergantian nama. Jika memang semuanya sudah dicek dan tidak menemukan kejanggalan apa pun, pastikan juga bahwa warehouse Indonesianya dekat dengan alamat salah satu admin.

Jika masih bertanya-tanya apa itu warehouse, kita akan menjelaskannya secara singkat. Jadi, warehouse sendiri bisa dikatakan tempat pengumpulan atau gudang untuk menyimpan berbagai album dan merch Kpop dari beberapa pengusaha bisnis album dan merch Kpop. Nantinya, dari warehouse Korea, album dan merch akan dikirimkan. Biasanya ada yang mengirimkan satu bulan sekali, ada juga yang dua kali sebulan.

Baca Juga  Panduan Bisnis Sistem Informasi

Akan lebih baik jika jasa warehouse yang dipilih sudah merangkap sebagai jasa transfer won. Agar nantinya mudah ketika akan melakukan pembayaran kepada seller Korea-nya. Pilih juga warehouse yang memang menyediakan dua pilihan pengiriman, yaitu cargo dan EMS. Untuk cargo sendiri terdapat dua macam jenisnya. Antara lain cargo udara dan cargo laut. Sedangkan EMS hanya lewat udara saja.

Pastikan Jenis Pengiriman

panduan Bisnis Merch Kpop

Setelah selesai mendapatkan warehouse, kamu juga harus menetapkan jenis pengiriman apa yang nantinya akan dipakai. Untuk jenis pengiriman dengan harga relatif murah biasanya memilih cargo laut. Hanya saja, cargo laut ini terbilang cukup lama sampai. Parahnya ada yang mencapai 2 bulan baru sampai ke Indonesia.

Jika kamu ingin jenis pengiriman yang cepat, maka bisa memilih EMS. Hanya saja, uang pengiriman yang harus dibayarkan pun terbilang cukup mahal untuk hitungan per gram-nya. Jenis pengiriman ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan permintaan para pelanggan di bisnis album dan merch Kpop kamu.

Mencari Produk yang Akan Dijual

Biasanya, selain melalui beberapa website ternama untuk membeli album dan merch Kpop, beberapa orang pun sering mencari melalui seller Korea. Biasanya, harga yang diberikan oleh seller ini terbilang cukup murah dibandingkan dari website resmi. Namun, tidak perlu khawatir untuk masalah official atau tidaknya. Seller korea biasanya sudah memberi tahu sejak awal apakah produk yang dijualnya official atau tidak. Namun, kebanyakan produknya adalah official.

Mereka cenderung membeli banyak album untuk menaikan chart idol kesayangannya. Setelah itu, album yang mereka beli akan dijual kembali dengan harga relatif murah. Ketika akan mencari seller Korea ini, kamu tentunya harus berhati-hati. Sebab, tetap saja ada yang namanya penipu. Ketika akan memutuskan untuk membuka bisnis album dan merch Kpop ini, pastikan dulu bahwa seller yang menjual produknya adalah terpercaya.

Cara untuk mengetahui terpercaya atau tidak adalah dengan meminta proof atau bukti. Bukti yang dimaksud di sini adalah bukti foto album atau merch dengan tulisan nama kamu. Hanya saja, ketika sudah meminta proof, kamu harus membelinya. Sebab, jika tidak maka akan langsung diblokir oleh seller-nya.

Setelah meminta proof, tanyakan juga kapan produk tersebut akan dikirimkan setelah kamu melakukan pembayaran. Jika sudah, kamu bisa meminta nomor rekening dan melakukan pembayaran. Sebelum melakukan pembayaran, cek terlebih dahulu apakah nomor rekeningnya bersih atau tidak. Hal ini meminimalisir terjadinya penipuan yang akan merugikan bisnis album dan merch Kpop kamu.

Selain mencarinya di google, kamu juga harus mencari nomor rekeningnya di twitter. Kemudian, bisa mencari lagi di website resmi dari Korea. Jika memang tidak ada catatan apa pun, kamu bisa langsung melakukan pembayaran.

Mendapatkan Resi Pengiriman dari Seller

Bisnis Merch Kpop

Jika semua proses sudah dilakukan dan sudah tiba waktu pengiriman yang dijanjikan oleh seller, biasanya mereka akan langsung memberikan resi pengiriman. Baik berupa foto, atau pun langsung menuliskan nomor resinya. Setelah itu, kamu bisa langsung melakukan tracking terhadap nomor resi tersebut.

Itulah beberapa panduan singkat untuk memulai bisnis album dan merch Kpop. Perlu diingat, bahwa nantinya harga yang diberikan kepada pelanggan sudah harga bersih.

Comments

comments

About admin

Check Also

panduan Bisnis Sistem Informasi

Panduan Bisnis Sistem Informasi

Dewasa ini bisnis berbasis UMKM sedang didorong secara besar-besaran, di mana bisnis UMKM diyakini merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *