Panduan Bisnis Sistem Informasi

1

Dewasa ini bisnis berbasis UMKM sedang didorong secara besar-besaran, di mana bisnis UMKM diyakini merupakan gaya berbisnis masa depan. Di mana dalam suatu badan usaha hanya memiliki sedikit pekerja dengan upah yang layak serta produksinya memanfaatkan bahan baku lokal yang ada namun berorientasi global. Sederhananya mereka produksi secara lokal namun mutu serta pasarnya global. Dengan melihat sumber daya alam yang ada di Indonesia maka peluang tersebut bukanlah pepesan kosong.

Dengan dorongan bisnis UMKM yang begitu besar tentu akan membuat banyak sekali bisnis turunan yang berkembang seperti misalnya bisnis penyedia sistem informasi. Untuk menjalankan sebuah bisnis seseorang atau suatu badan usaha membutuhkan data yang tepat dan akurat sebagai bahan evaluasi atau sebagai acuan apa saja yang telah dicapai. Maka dari itu suatu badan usaha tentu membutuhkan sistem informasi yang terpercaya, cepat, dan mudah dijalankan. Bagi Anda yang berminat menjadi penyedia jasa sistem informasi suatu badan usaha, berikut panduan lengkapnya:

Bisnis Sistem Informasi

Menguasai Software dan Hardware

Panduan bisnis sistem informasi yang pertama dan sangat penting adalah penguasaan mengenai software dan hardware. Sistem pendataan saat ini hampir semuanya dilakukan secara komputerisasi baik online maupun offline. Sistem pendataan atau pencatatan jalannya usaha yang berbasis digital sangat memudahkan pelaku usaha dalam membuat resume atau rangkuman usaha yang akan menjadi panduan dalam membuat keputusan atau inovasi selanjutnya.

Menguasai jalannya usaha dari hulu hingga hilir seperti bagaimana menyediakan hardware yang berkualitas tinggi namun tetap terjangkau dan dengan berbagai variasi harganya. Variasi harga dalam pemilihan hardware akan membuat Anda semakin lebar jangkauan pasarnya sebab dapat menerima sistem informasi dengan badan usaha kecil maupun besar. Ketersediaan hardware saat ini sangat bervariatif sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis klien Anda.

Panduan bisnis sistem informasi yang perlu dikuasai selanjutnya adalah kemampuan membangun software-nya dimana Anda perlu menguasai tentang bagaimana membuat program komputer. Setidaknya Anda memiliki progammer yang handal sehingga dapat mengikuti keinginan klien yang beraneka ragam. Sebab tidak jarang sebuah badan usaha ingin memiliki program khusus yang custom yang mudah dioperasikan sesuai kebutuhan mereka. Baik program pencatatan keluar masuk uangnya maupun program ketersediaan barang atau pergudangan yang tak kalah pentingnya.

Baca Juga  Panduan Bisnis Minuman Kekinian Untuk Menghasilkan Omzet Puluhan Juta Rupiah

awal Bisnis Sistem Informasi

Menguasai Berbagai Tipe dan Jenis Jaringan dalam Sistem Informasi

Hal yang perlu dikuasai selain menguasai software, hardware, dan harganya adalah menguasai tentang bagaimana penerapan sistem informasi yang hendak Anda bangun. Sebab dalam sistem informasi berbasis komputer memiliki berbagai macam jenis dan tipe. Jaringan pada sistem informasi tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan klien Anda dimana tidak jarang klien Anda pun tidak mengerti secara spesifik bagaiman cara kerja jaringan komputer tersebut. Oleh karena itu Anda perlu mempresentasikan hal tersebut dengan sangat jelas kepada klien Anda.

Jenis jaringan seperti PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), dan sebagainya harus Anda kuasai betul agar mudah saat eksekusi pekerjaannya. Selain jenis yang berbeda-beda juga ada tipe jaringan yang berbeda-beda pula seperti tipe peer-to-peer atau client server keduanya juga memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Panduan bisnis sistem informasi yang telah dikuasai akan memudahkan Anda dalam menentukan harga jual Anda.

Bisnis Sistem Informasi untuk pemula

Promosi ke Badan Usaha atau Instansi

Tidak ada bisnis yang tak membutuhkan promosi, promosi ditempuh sebagai jalan untuk memberikan informasi kepada calon klien bahwa Anda menyediakan suatu barang atau jasa. Jadi promosi merupakan aspek penting terutama bagi bisnis yang bukan ditujukan untuk individu melainkan untuk sebuah badan usaha atau instansi seperti bisnis layanan sistem informasi seperti ini.

Keuntungan dari bisnis ini didapatkan dari margin pengadaan barang, instalasi pemasangan, perawatan, maupun pembaruan baik hardware maupun software.
Panduan bisnis sistem informasi di atas telah memberikan Anda informasi yang singkat namun padat sehingga setidaknya dapat memberikan gambaran pada Anda yang tertarik dengan bisnis tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.